Jumat, 06 Mei 2011

Ceramah Jumat, 6 May 2011


AlQuran: Ali Imran ayat 16 - 17:
Berdoalah dengan menyatakan bahwa diri telah beriman, walaupun iman sudah dinyatakan tapi iman itu akan diuji oleh Allah SWT dengan berbagai cobaan, dan terkadang pada saat menghadapi ujian tersebut kita "melakukan kesalahan", baik sadar atau tidak, baik ingat atau tidak, baik kesalahan kita yang telah lampau, sekarang atau yang nanti akan kita lakukan.

Oleh karena itu kita perlu meminta ampun kepada Allah atas segala dosa kita. Dan juga meminta maaf kepada manusia untuk kesalahan yang kita perbuat kepadanya..Cukuplah hanya kita dan Allah yang tahu dosa dan aib kita. Dan semoga kesalahan, aib dan dosa kita tidak tersebar ke khalayak publik. Yang akan membuat diri kita malu karenanya.Sehingga kita bisa terbebas dari jerat api neraka.

Dan kita juga perlu bersabar dalam menjalan perintah dan ujian dari Allah, bersabar dalam mencari rizki, Allah tidak melarang kita menjadi kaya, tapi kita diwajikan mencari rizki dengan cara-cara yang baik, halal, benar, damai dan tidak melanggar hukum agama dan negara sehingga tidak menghalalkan segala cara, yang bisa membuat hidup kita tidak tenang.

Kita haruslah taat pada Allah, taat disini mempunyai 2 makna, menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Dan juga jangan lupa untuk menafkahkan sebagian harta kita. Harta kita adalah rizki yang kita TERIMA dari Allah oleh karena itu wajarlah kita KASIH kembali sebagian harta kita dijalan Allah. Sebagai bentuk rasa syukur (TERIMA KASIH). Karena di dalam harta kita ada sebagian milik orang yang tidak mampu, fakir, miskin dan anak yatim/piatu dan juga pengembangan Agama.

Dan meminta ampunlah pada sepertiga malam terakhir, pada saat orang lain sedang tertidur pulas. Salat Tahajud memohon ampun atas segala dosa kita.

Catatan pribadi:
Malam kurang lebih dimulai setelah isya sampai dengan Subuh. Jika Isya jam 19.00 dan Subuh jam 4.00 maka malam itu lamanya 9 jam, dan 1/3 malam = 3 jam. Oleh karena itu 1/3 malam terakhir adalah Jam 1.00 s/d 4.00. atau juga bisa 3 jam sebelum waktu subuh.

Tidak ada komentar: